Membangun Pendidikan Islam Modern di Ciputat


H.M Salman Faris, SE beliau seorang pembina Yayasan Pendidikan Islam Modern (YPIM) Darussalam Ciputat. Beliau adalah putra dari KH. Ahmad Darwi, BA dan Hj. Siti Aminah. H.M Salman meneruskan peninggalan dari kedua orang tuanya yaitu mengelola lembaga pendidikan yang bernama Yayasan Pendidikan Islam Modern (YPIM) Darussalam yang terletak di Ciputat Tangerang Selatan. YPIM Darussalam berdiri sejak tahun 1952, didirikan oleh KH. Ahmad Darwi dan Hj. Siti Aminah yang pada waktu itu hanya sebuah Madrasah Diniyah. H.M Salman aktif di berbagai organisasi pemerintahan maupun non pemerintahan dan mempunyai basic sebagai guru, beliau memberikan banyak kontribusi di YPIM Darussalam. Pada tahun 1982 beliau sudah aktif sebagai sekrertaris umum  di YPIM Darussalam. Berkat pengalaman dan kemampuannya mengelola organisasi, pada tahun 1982 menjadikan sekolah YPI Darussalam berbadan hukum.    

Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya ini adalah ungkapan peribahasa yang di tujukan untuk H.M Salman, mempunyai orang tua yang aktif di pemerintahan dan mempunyai sebuah yayasan pendidikan, bakat itu mengalir kepadanya, sepeninggal orang tuanya H.M Salman melanjutkan perjuangan orang tuanya di bidang pendidikan dan pemerintahan. Banyak prestasi beliau dibidang pemerintahan dan non pemerintahan diantaranya adalah ketua PGRI tahun 1990 1 periode, kepala UPT pendidikan Kecamatan Pondok Aren tahun 2007 dan Kasubag di kab. Tangerang pada tahun 2008, selain itu masih banyak prestasi beliau baik di pemerintahan dan non pemerintahan.     

40 tahun lebih, H. Salman merintis lembaga pendidikan yang di tinggalkan orang tuanya dan kini menjadi Pembina di YPIM Darussalam. Sejak beliau memimpin YPIM Darussalam banyak mengalami perkembangan diantaranya adalah sudah mempunyai 4 unit (TK, SMP, SMA dan SMK). Pada tahun 1985 H.M Salman mendirikan unit SMP, tahun1989 unit SMA dan tahun 2009 unit SMK. Tidak hanya itu, beliau membawa YPIM Darussalam unggul dalam  bidang  olahraga, dari hasil wawancara kami beliau mengatakan “Prestasi yang berkesan dalam mengelola YPIM Darussalam terkenal dengan ekskul olahraga, melahirkan atlet sepak bola, atlet voli dan atlet karate tingkat nasional” ungkapnya.    

Dalam perkembangan YPIM Darussalam khususnya di bidang sarana dan prasarana dibutuhkan banyak modal untuk mengembangkan yayasan tersebut diantaranya kerja keras dari bapak H.M Salman, para guru, dan wali murid. Pada tahun 2010 H.M Salman mengenal BPRS HIK melalui staf HIK yang datang langsung ke sekolah untuk menawarkan kerja sama dalam pembangunan sarana dan prasarana. Beliau mengatakan “Pada tahun 2010 awal pembiayaan untuk pembangunan unit (kelas) sebesar 600 juta kemudian meningkat 1 miliar sampai dengan 1,8 miliar, pembiayaan tersebut diperuntukan untuk sarana dan prasarana seperti ruang kelas dan alat media pembelajaran”.    

Bertambahnya sarana dan prasarana YPIM Darussalam di barengi dengan jumlah siswa yang bertambah di seluruh unit hingga berjumlah 2.200 siswa dan 150 karyawan. H.M Salman memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada BPRS HIK yang sudah membantu dan bekerja sama dalam perkembangan dan kemajuan YPIM Darussalam khususnya di bidang sarana dan prasarana sejak tahun 2010. Beliau mengatakan “Selama kami bekerja sama dengan BPRS HIK kami merasakan dampak yang menguntungkan seperti pelayanan yang fleksibel, jika ada kesulitan dalam pembayaran angsuran ada solusi yang di berikan, mempunyai staf dengan pelayanan yang bagus, kemudian BPRS HIK juga memberikan pelayanan pembiayaan untuk karyawan”, ungkapnya.    

Share This Post: